Referral adalah:pengertian, manfaat, kegunaan dalam bisnis

 Dalam dunia bisnis kita pasti tau dengan namanya iklan, mengiklankan barang atau jasa itu hal yang sangat wajar untuk memperkenalkan bisnis pada khalayak ramai.

Dalam mengiklankan sebuah produk, biaya yang di perlukan pastinya tidak sedikit dan tentunya pasti juga tidak mudah.

Namun apakah anda tau bahwa anda bisa mengiklankan bisnis anda dengan biaya yang murah? Bahkan bisa saja gratis. Referral adalah program yang sangat tepat untuk di lakukan, pada dasarnya referral bertujuan untuk menggaet pengguna dengan media pertemanan.

Daftar Isi

Note: penting anda ketahui, bahwa referral mempunyai banyak kegunaan dan manfaat, namun dalam artikel ini saya hanya menjelaskan beberapa saja.

Pengertian Referral

Referral merupakan strategi pemasaran yang dapat mendorong pelanggan untuk mengajak pelanggan baru lainnya dengan memanfaatkan URL rujukan atau code rujukan. Ajakan tersebut dapat berupa pembuatan akun, membagikan konten hingga ajakan untuk membeli barang yang di tawarkan oleh owner.

Kata referall ini sering digunakan untuk bisnis online dengan jenis Paid Per Click atau biasa disebut sebagai PTC, sebagai contoh adalah snack video dan beberapa aplikasi lainya.

Penelitian yang dilakukan oleh Nielsen ternyata tak sembarangan, hal ini dapat dibuktikan melalui maraknya trend mempromosikan suatu produk dengan kode referall dan memang terbukti sangat ampuh untuk menggaet pelanggan atau pembeli baru.

Bahkan, menurut laman resmi Oberlo, referral merupakan salah satu solusi paling ampuh untuk sebuah perusahaan atau bisnis untuk memperoleh hasil marketing secara gratis dari user yang ingin merekomendasikan produknya.

Sampai sini, apakah anda sudah memiliki gambaran mengenai referral dan beberapa cara memulainya? Jika belum akan saya jelaskan. Misalkan saya mempunyai bisnis berupa website tentang hosting, dalam harga normal hosting tersebut saya bandrol dengan harga 100ribu / bulan. Namun jika memasukan code referral user/pembeli akan mendapatkan potongan harga hingga 20% baik dari sisi yang di undang atau yang mengundang.


Manfaat referral

Manfaat referral saat ini saya bagi menjadi 3 di antara 3 manfaat referral tersebut adalah sebagai berikut:


1. Kemudahan Promosi

Promosi sebuah bisnis biasanya sedikit sulit untuk di lakukan, bahkan terkadang sudah mengeluarkan biaya mahal masih belum mampu membuat bisnis terkenal.

Dengan memanfaatkan referral, promosi akan semakin mudah. User akan berusaha membagikan link/code dan walaupun link/code itu tidak di buka nama produk dalam URL anda akan di kenal banyak orang, dan ini bisa membuat peluasan jaringan bisnis yang anda kelola semakin cepat naik.


2. Branding

Branding atau biasa di kenal dengan pengenalan nama usaha adalah hal yang bertujuan untuk memperluas nama bisnis hingga bisa di kenal oleh banyak orang, dalam branding anda bisa memanfaatkan referral. Sebagai contoh yang paling terkenal adalah referral Tiktok dan snackvideo.


3. Review

Referral juga bertujuan untuk mendapatkan review bagus dari member, terkadang malah user yang sering menyebar referral akan menulis review yang terkesan sangat bagus padahal pada kenyataannya biasa-biasa saja.


Jenis-jenis Referral

Dalam dunia PTC atau referral, ada berbagai macam referral yang digunakan untuk mempromosikan suatu brand. Berikut adalah penjelasannya.


1. Direct Referral

Direct referral merupakan proses untuk mendaftar pada website tertentu menggunakan link referral yang telah diberikan kepada orang lain yang ingin mendaftarkan diri. Contohnya seperti ketika Anda memiliki teman yang turut mempromosikan link referral tersebut ke sosial media mereka atau bahkan menawari anda secara langsung, maka apabila kamu tertarik pada link referral tersebut, kamu akan menjadi referral dari teman yang mengajakmu, dan temanmu akan menjadi upline atau sponsor atau bisa juga di sebut promotor.


2. Rented Referral

Sesuai dengan namanya yaitu rented, referral sewa atau rented referral merupakan referral yang diperuntukan untuk orang yang ingin menjadi member premium, dengan mendaftarkan dirinya di situs PTC tertentu tanpa harus menjadi referall orang lain, apakah anda bingung? Baik akan saya jelaskan secara mudah, pemilik situs akan menyewakan referral tersebut kepada member yang ingin menyewa dengan bayaran tertentu yang telah di sepakati oleh kedua belah pihak.

Sebaiknya penggunaan rented referall ini Kelola dengan berhati-hati, sebab referral ini berbayar dan bisa menguras pengeluaran anda. Rented referral dapat diibaratkan seperti karyawan yang dibayar untuk menghasilkan uang untuk member referral, contoh mudahnya adalah sales motor, TV atau lain sebagai nya. Oleh karena itu, apabila ingin menggunakan rented referral, maka gunakanlah dan kelola dengan baik agar mendapat balik modal atau keuntungan yang maksimal dan bisa meraih kebebasan finansial.


Keuntungan Menggunakan Referral Marketing

Sesuai dengan penelitian yang di lakukan oleh Nielsen, referral marketing ini tentu saja memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan yang ingin mempromosikan produk atau mereknya secara mudah dan minim modal.

Selain akan mudah dipercaya, penggunaan link referral juga umumnya akan cepat menyebar, seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa saat ini media sosial sangat pesat perkembanganya, Sehingga brand tersebut akan mudah dikenal oleh orang.

Tentu saja ada beberapa keuntungan lainnya dari penggunaan referral marketing bagi perusahaan yang anda kelola. Berikut penjelasan lengkapnya dari beberapa yang saya tau.

1. Target yang Jelas

Referral marketing dapat memberikan perusahaan target yang jelas untuk penjualan produknya, kenapa bisa begitu?. Dalam beberapa aspek lain, praktik referral ini terlihat sama seperti influencer marketing atau promotor.

Contohnya seperti ketika perusahaan memilih seorang influencer yang memiliki target market atau audiens yang sama seperti yang diharapkan oleh perusahaan tersebut, secara simple orang yang menjual masker akan mempunyai pembeli yang ingin membeli masker. Sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada audiens akan lebih mudah diterima, kemudahan yang di dapatkan bisa tersalurkan dengan referral melalui influencer.

Hal ini pun terjadi, sama seperti referral marketing,promotor serta salles. Perusahaan akan berharap agar pelanggan dapat merekomendasikan produk maupun jasa usai mencoba produk tersebut. Karena umumnya, pelanggan akan memiliki kenalan yang berkarakteristik sama dengan hobi dan apa yang mereka gunakan.


2. Meningkatkan Kepercayaan pada Konsumen

Seperti yang dikatakan pada penelitian Nielsen, 92% pelanggan akan lebih percaya pada suatu produk apabila produk tersebut telah direkomendasikan oleh orang yang mereka kenal suka atau lihat. Sehingga, referral marketing ini akan memberikan dampak pada kepercayaan konsumen hanya dengan membiarkan kenalan mereka memakai atau hanya sekedar mengenalkan.

3. Memeroleh Reach yang Tinggi

Referral dapat memeroleh reach yang tinggi berkat adanya website, komunitas, media sosial maupun e-commerce yang meningkatkan reach pada referral marketing. Setiap orang dapat memberikan rekomendasi produk maupun jasa yang ia senangi kepada ratusan bahkan ribuan orang sekalipun apabila memiliki jumlah followers maupun pembaca yang banyak, ini menjadi point yang penting apabila anda ingin menggaet promotor.


Bagaimana Cara Memulai Referral Marketing?

Apabila dilihat dari keuntungan yang didapatkan, maka tentu referral marketing merupakan salah satu strategi marketing yang menggiurkan dan cepat. Oleh karena itu, perusahaan yang ingin menggunakan Referral marketing perlu mengetahui cara untuk menjalankan Referral marketing agar mendapatkan keuntungan yang maksimal serta sukses beriklan dengan Referral marketing, eits! Tunggu dulu tak semudah yang di bayangkan karena ada beberapa faktor yang harus anda lalui jika anda ingin memulai referral marketing. Di antara hal tersebut adalah sebagai berikut: 

1. Memberikan Insentif

Perusahaan dapat memberikan insentif kepada konsumen yang ingin menjadi member referral secara mudahnyaa adalah bayaran per click atau pertampilan. Pemberian insentif ini terbukti ampuh untuk menarik konsumen agar menjadi member Referral pada website PTC perusahaan anda bisa memasang tarif yang bervariasi tergantung berapa anda menentukanya.

Selain dalam bentuk uang, perusahaan juga dapat memberikan insentif dalam bentuk potongan harga dengan jumlah tertentu seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bonus yang di berikan bisa berupa bonus poin maupun voucher belanja atau potongan harga untuk member Referral. Insentif inilah yang dapat meningkatkan semangat konsumen untuk terus memberikan ulasan serta rekomendasi pada produk perusahaan melalui Referral yang mereka miliki.

2. Mempublikasikan Program Referral

Publikasi merupakan hal yang penting sekali jika anda ingin memulai referral marketing. Apabila perusahaan tidak memberikan publikasi pada program ini, maka tentu akan percuma perusahaan berusaha menggaet member Referral dengan pemberian insentif apakah anda mendapat bayangan? Hal ini dikarenakan konsumen tidak mengetahui bahwa website PTC atau perusahaan yang anda kelola membuka program untuk konsumen yang ingin menjadi member Referral.

Perusahaan dapat mempublikasikan program Referral dengan mengumumkannya melalui laman di website perusahaan, protofolio, dashbord, maupun dengan menggunakan konten via sosial media perusahaan.

Tag: bisnis,bisnis online,saham,cara memasukkan kode referral dana,cara menggunakan 2 wa dalam 1 hp iphone,investasi adalah,pengenalan saham,bisnis jualan,